top of page

Kulit Kamu Gampang Berjerawat? Kamu Perlu Tahu Hal Ini!

Memiliki kulit yang bersih dan bebas jerawat adalah keinginan semua orang. Namun banyak hal yang dapat membuat masalah kulit yang satu ini kerap muncul. Selain faktor eksternal, beberapa hal lain juga dapat menyebabkan kulit menjadi rentan untuk muncul jerawat. Sebenarnya apa saja yang memicu timbulnya jerawat di kulit?

Pada dasarnya, jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori yg disebabkan beberpa hal, seperti pengaruh hormonal, misalnya hormon estrogen yang rendah, hormon progesteron dan androgen yang tidak seimbang, atau peningkatan hormon testosteron yang menyebabkan peningkatan produksi minyak di wajah, lalu membuat pori-pori tersumbat. Selain itu, bakteri penyebab jerawat yaitu P. Acne juga dapat mengakibatkan inflamasi dan memunculkan jerawat. Selain alasan di atas, pola makan atau diet juga dapat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat. Diet indeks glikemik tinggi dianggap terkait dengan penyebab jerawat. Jenis makanan ini menyebabkan peningkatan besar pada kadar gula darah, yang mengarah pada pelepasan hormon yang dapat mendorong pembentukan jerawat. Beberapa contoh makanan glisemik tinggi termasukpati, gula, dan produk susu. Selain itu, makanan pedas juga dapat memicu rosacea atau peradangan berupa ruam kemerahan pada wajah yang mirip jerawat. Selain itu, penyebab lain jerawat adalah stress, yg menyebabkan hormon kortisol naik sehingga memicu pertumbuhanjerawat.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat jerawat menurut dr. Hilda Lestari, Dipl. AAAM, dokter konsultanPremium Dermalove Batam?

1. Bersihkan Kulit

Pembersihan kulit secara menyeluruh dan rutin akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit. Bersihkan wajah minimum dua kali sehari. Jangan tidur tanpa menghapus riasan diwajah karena sisa riasan atau makeup dapat menyumbat pori-pori. Cara membersihkan wajah juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Bagi kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan pembersih berbasis air agar tidak menyumbat pori-pori. Bagi yang memiliki kulit kering dapat menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak agar membantu menjaga kelembapan kulit. Produk yg disarankan oleh dr. Hilda Lestari, Dipl. AAAM adalah Derma SCB Normal & Oily Facial Wash yang mengandung AHA dan Derma SCB Acne Facial Wash dengan kandungan Salicylic Acid.

2. Eksfoliasi Membersihan kulit dapat mengangkat kotoran dan sisa riasan. Namun tidak dapat mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu dibutuhkan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Hal ini dapat dilakukan dengan bahan alami maupun kimia, atau dengan bantuan alat. Beberapa produk eksfoliasi yaitu golongan AHA (Alpha HydroxyAcid) seperti Glicolic acid, Lactic Acid, Mandelic Acid, dll. Adapula golongan BHA ( Bheta hydroxy acid,) yaitu Salicylic Acid . Konsultasikan dengan dokter estetika untuk tipe eskfoliasi yang paling cocok dengan kondisi kulitmu saat ini. Jangan sembarangan membeli produk eksfoliasi kimia dengan konsentrasi tinggi dan melakukannya sendiri tanpa petunjuk serta pengawasan dari dokter, karena hal ini dapat menambah problem kulit lainnya.

3. Toner Langkah ini disarankan karena dapat membantu menyeimbangkan PH kulit. Toner adalah produk yang bagus untuk digunakan. Mereka yang memiliki kulit berjerawat dan kulit berminyak cenderung mendapatkan manfaat terbesar dari toner, karena diformulasikan untuk menghilangkan sebum, minyak, dan membersihkan sisa-sisa kotoran dan makeup yang tertinggal. Dan juga membantu menyegarkan kulit. (Rekomendasi produk: Derma SCB Acne Toner dan Derma SCB Normal Oily Toner).

4. Gunakan Bahan Aktif Bahan aktif apa saja yang umum terkandung dalam produk skincare pembasmi jerawat? Beberapa bahan aktif skincare yang terbukti secara ilmiah bisa bantu menghilangkan jerawat, seperti AHA, BHA, Niacinamide, Benzoyl Peroxide, Sulfur, Tea Tree Oil dan masih banyak lagi. Semua bahan aktif ini dapat ditemukan di produk skincare yang tersedia dalam bentuk gel, lotion,cream, dan cair. Salah satu produk yang direkomendasikan oleh dr. Hilda Lestari,Dipl. AAAM adalahDerma SCB Bright & Clear Serum dengan kandungan Niacinamide. 5. Gunakan Pelembab Mungkin terasa berlawanan dengan tujuan untuk menambahkan lebih banyak kelembapan pada kulit yang sudah berminyak, tetapi karena perawatan jerawat bisa mengeringkan kulit wajah, maka penting bagi kita untuk tetep menjaga kelembaban kulit. Mengapa? Tubuh sebenarnya dapat memberi sinyal agar kelenjar Sebaceous memproduksi lebih banyak minyak jika kulit terasa kering. Jadi walaupun kulit Kamu berminyak, pastikan untuk tetap menggunakan pelembab sesuai jenis kulit. Produk rekomendasinya adalah Derma SCB Moisturizer Plus dan Derma SCB Snow Drop Moisturizer.

6. Selalu Gunakan SPF Karena banyak produk anti jerawat dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari, penting juga untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Derma SCB Sunscreen Sensitive dengan kandungan Chamomile Extract dan No Blemish Premium Sunscreen yang mengandung Niacinamide adalah pilihan yang bagus untuk tabir surya bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, karena merupakan tabir surya yang membantu menenangkan dan melembabkan kulit. 7. Konsumsi Makanan Sehat Kondisi kulit juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Terlebih bagi sebagian besar orang dengan acne-prone skin, makanan-makanan tertentu dapat dengan mudah menimbulkan jerawat.


Oleh karena itu, bila ingin kulit terbebas dari jerawat, kita harus berkorban untuk hidup sehat. Kurangi makan jenis karbo sederhana seperti roti, tepung, cake, roti tawar, biskuit, dan nasi putih. Selain itu, kurangi pula konsumsi produk dengan kandungan gula tinggi seperti coklat, es krim, es teh manis, bubble tea, permen, dll. Makanan yang tergolong junk food seperti burger, ayam goreng tepung, gorengan, hotdog, keripik pedas juga banyak menyebabkan jerawat. Yang terakhir adalah produk susu seperti susu sapi atau kambing, keju, mentega juga sebaiknya dikurangi. Sebagai gantinya, konsumsi air putih dan makanan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayur untuk menjaga keindahan kulit dari dalam.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai problem jerawatmu? Book sesi konsultasi Kamu dengan dokter konsultan Premium Dermalove Batam melalui link ini.

57 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page